Efisiensi Wakaf Produktif Pada Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang

Wahyuningsih dan Tika Widyastuti Departemen Ekonomi Syariah-Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Universitas Airlangga E-mail: Wahyuningsihayu75@gmail.com

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor produksi yaitu modal, tenaga kerja dan aset wakaf terhadap output (pendapatan) produktivitas aset wakaf dengan menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas. Objek penelitian difokuskan pada Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Semarang yang telah melayani dalam mengelola aset wakaf secara produktif di sektor pendidikan dan kesehatan sejak tahun 1950. Penelitian ini menggunakan data primer dari wawancara dan data sekunder dari laporan keuangan bulanan periode 2010 – 2012

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif melalui model regresi linier berganda yang dimodifikasi dari persamaan fungsi Cobb-Douglas. Selanjutnya, untuk memperoleh korelasi inter-variabel parsial dan simultan, t-test dan F-test dilakukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa faktor produksi, secara parsial dan simultan memiliki korelasi yang tidak signifikan terhadap output (pendapatan) aset wakaf. Di sisi lain, skala produksi output dari YBWSA diklasifikasikan sebagai penurunan kembali ke skala.

Kata Kunci: Cobb-Douglas, Fungsi Produksi, Waqf Produktif, YBWSA.

to Download..click Url :

or click :

PENTING :

Salin/Copy No Handpnone dan anda PASTE di BERITA TRANSFER dari Bank Anda ke Bank Badan Wakaf Indonesia

Jika Dana Wakaf Uang tidak diterima dalam waktu 2 x 24 jam (hari kerja - dibuktikan sinkronisasi data dengan pihak Bank), maka Formulir (AIW) ini dinyatakan BATAL.

HOT LINE : Rajih - WA 0898 5345 231 

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

visitor since May 18, 2019

ABOUT US >

Badan Wakaf Indonesia adalah lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Badan ini dibentuk dalam rangka mengembangkan dan memajukan perwakafan di Indonesia.

Sekretariat: Gedung Bayt Al Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII)Jl. Raya TMII Pintu 1 - Jakarta Timur 13560

visitor since June 1, 2019 (Flag Counter Installed)

CONTACT >

T: +6221-87799232

     +6221-87799311

F: +6221-87799383

E: bwi@bwi.or.id