Indonesian Waqf Board is an independent state institution formed based on Law Number 41 of 2004 concerning Waqfs. This Board was formed in the framework of developing and advancing representatives in Indonesia.
Secretariat: Bayt Al Quran Building Beautiful Indonesia Miniature Park (TMII)

Jl. Raya TMII Pintu 1 - Jakarta Timur 13560

CONTACT >

T: +6221-87799232

     +6221-87799311

F: +6221-87799383

E: bwi@bwi.or.id

ABOUT US >

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

visitor since May 18, 2019

visitor since June 1, 2019 (Flag Counter Installed)

IMPLEMENTASI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN WAKAF UANG DI INDONESIA

Arif Zamhari

Tulisan ini secara deskriptif akan melihat peran strategis yang dapat dimainkan oleh LKS dalam pengembangan wakaf uang di Indonesia. Selanjutnya, tulisan ini mencoba melihat beberapa tantangan dan peluang yang dihadapi dalam pengembangan wakaf uang di Indonesia. Perkembangan wakaf uang di Indonesia belum menunjukkan efisiensi besar meskipun saat ini sudah sebanyak 9 lembaga keuangan syariah yang ditunjuk langsung dari pemerintahan untuk bertugas sebagai penghimpunan dana wakaf uang, jumlah wakaf uang yang terkumpul dari tahun 2008 sampai 2011 senilai 2. 915,156,485 milyar.

Masih minimnya pengumpulan aset dana wakaf dan sulitnya mengimplementasi LKS dalam pengembangan wakaf uang di Indonesia dihadapkan pada beberapa tantangan tantangan pertama adalah terkait dengan minimnya jumlah nazir yang diperlukan dalam pelaksanaan wakaf uang di Indonesia. Kedua sulitnya LKS-PWU menjelaskan kepada para calon wakif tentang proyek konkrit yang dapat didanai dari hasil uang wakaf. Dengan kata lain, selama ini belum ada proyek andalan yang bisa ditawarkan LKS-PWU kepada para calon wakif. Harus diakui proyek konkrit dan andalan merupakan salah satu sarana untuk menarik para calon wakif sehingga mereka mau menginvestasikan uang wakaf mereka sambil meraup pahala akhirat. Para calon wakif tentu saja akan merasa yakin dan mantap jika dana uang yang mereka wakafkan akan diivestasikan untuk pembiayaan proyek-proyek yang konkrit. Ketiga masalah yang dihadapi LKS-PWU adalah belum adanya kesamaan pemahaman antara LKS-PWU dan BWI serta Kemenag tentang beberapa poin dalam Undang-Undang tentang Wakaf serta aturan pelaksanaannya. Akibatnya, pihak LKS-PWU kerap kali merasa ragu untuk melangkah dan menentukan kebijakan tentang wakaf uang.

Kata kunci :

Lembaga keuangan syariah; Investasi wakaf uang; Implementasi; Penghimpun wakaf uang; Manager investasi.

to Download..click Url :

or click :