KOMPETENSI NAZHIR DALAM MENGELOLA WAKAF PRODUKTIF

Muhammad Aziz Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bintan email: mohaziv@yahoo.com

Sebagai lembaga keuangan public Islam yang dianggap paling kuat dan kokoh, wakaf (khususnya wakaf produktif) seharusnya mampu menjadi bagian dari media untuk mensukseskan pengentasan kemiskinan di suatu wilayah, namun sampai hari ini belum banyak dapat diandalkan, hal itu dikarena bebearapa factor, salah satunya adalah peran nahzir yang kurang optimal. Untuk itu, dalam kajian ini yang hendak dikupas adalah, bagaimana bagaimana kompetensi nazhir, baik secara fiqhi atau secara administrative dalam rangka mengelola wakaf produktif? Dalam kajian penulis menemukan beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh nazhir, antara lain; kompetensi diniyah dan kompetensi kifayah. Kompetensi diniyah meliputi tiga hal, yaitu; kompetensi ilmiyah diniyah, kompetensi amaliah syar'iah dan kompetensi da'wiyah. Sedangkan kifayah adalah kompetensi yang mengacu kepada kemampuan nazhir dalam memelihara, menjaga, melindungi, memanfaatkan, mengembangkan, menginvestasikan dan mendistribusikan hasil atau keuntungan wakaf kepada pihak-pihak yang berhak menerimanya.

Kata Kunci: Nazhir, Wakaf Produktif, Kompetensi Diniyah dan Kompetensi Kifayah

to Download..click Url :

or click :

PENTING :

Salin/Copy No Handpnone dan anda PASTE di BERITA TRANSFER dari Bank Anda ke Bank Badan Wakaf Indonesia

Jika Dana Wakaf Uang tidak diterima dalam waktu 2 x 24 jam (hari kerja - dibuktikan sinkronisasi data dengan pihak Bank), maka Formulir (AIW) ini dinyatakan BATAL.

HOT LINE : Rajih - WA 0898 5345 231 

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

visitor since May 18, 2019

ABOUT US >

Badan Wakaf Indonesia adalah lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Badan ini dibentuk dalam rangka mengembangkan dan memajukan perwakafan di Indonesia.

Sekretariat: Gedung Bayt Al Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII)Jl. Raya TMII Pintu 1 - Jakarta Timur 13560

visitor since June 1, 2019 (Flag Counter Installed)

CONTACT >

T: +6221-87799232

     +6221-87799311

F: +6221-87799383

E: bwi@bwi.or.id