OPTIMALISASI HEWAN QURBAN UNTUK PENGEMBANGAN WAKAF: STUDI KASUS WAKAF SELANDIA BARU (AWQAF NZ)

N. Oneng Nurul Bariyah Universitas Muhammadiyah Jakarta Email: noer_fai@yahoo.co.id

Paper ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan Wakaf Selandia Baru (Awqaf NZ). Usaha intinya adalah untuk melestarikan warisan di kalangan masyarakat pengungsi, mulai di Selandia Baru. Wakaf Selandia Baru juga mengeluarkan sukuk wakaf sebagai salah satu instrument investasi dalam pengembangan wakaf.

Keberhasilan wakaf Selandia Baru berkat kerja keras para pengurus serta dukungan pemerintah dan kerja sama dengan berbagai pihak dari dalam dan luar negeri antara lain: Sabit Merah Uni Emirat Arab, IDB Kantor Kuala Lumpur, Wakaf & Anak-anak Affairs Foundation (AMAF), dan Malaysia Islamic Chamber of Commerce (DPIM). Wakaf NZ bersama The Arab Science and Technology Foundation (ASTF) di Dubai mendirikan Pusat Kajian Waqaf/ The Global Awqaf Research Centre (GARC) yang berkantor di Selandia Baru dan Dubai.

Berkat keberhasilan yang dicapai, Wakaf Selandia Baru mendapatkan penghargaan sebagai Lembaga Wakaf Terbaik tahun 2013 yang disampaikan pada Upacara Pembukaan Islamic Economy Summit Global 2013 di kota Jumeirah, Dubai. Sistem pengembangan lembaga wakaf Selandia Baru menginspirasi lembaga wakaf lainnya yang memiliki visi dan misi yang sama dalam pengembangan wakaf.

Kata Kunci: wakaf, hewan qurban, sukuk wakaf, wol, potensi lokal

to Download..click Url :

or click :

PENTING :

Salin/Copy No Handpnone dan anda PASTE di BERITA TRANSFER dari Bank Anda ke Bank Badan Wakaf Indonesia

Jika Dana Wakaf Uang tidak diterima dalam waktu 2 x 24 jam (hari kerja - dibuktikan sinkronisasi data dengan pihak Bank), maka Formulir (AIW) ini dinyatakan BATAL.

HOT LINE : Rajih - WA 0898 5345 231 

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

visitor since May 18, 2019

ABOUT US >

Badan Wakaf Indonesia adalah lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Badan ini dibentuk dalam rangka mengembangkan dan memajukan perwakafan di Indonesia.

Sekretariat: Gedung Bayt Al Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII)Jl. Raya TMII Pintu 1 - Jakarta Timur 13560

visitor since June 1, 2019 (Flag Counter Installed)

CONTACT >

T: +6221-87799232

     +6221-87799311

F: +6221-87799383

E: bwi@bwi.or.id