PERAN WAKAF DALAM MEMBANGUN IDENTITAS MUSLIM SINGAPURA

Zaki Halim Mubarok Center for Islamic Economics Studies email: zakihalim92@gmail.com

Praktik wakaf sebagai salah satu instrumen dalam filantropi Islam tumbuh dan berkembang sejalan dengan menguatnya civil society di suatu bangsa. Nilai kemanusiaan dan kedermawanan yang tertuang dalam wakaf hadir mewarnai pola hubungan antar sesama manusia. Perkembangan wakaf tidak hanya dimiliki oleh Negara yang mayoritas penduduknya Muslim, tetapi juga di Negara yang jumlah Muslimnya minoritas wakaf telah mengambil peran strategis dalam memberikan kekuatan dalam kehidupan beragama. Tulisan ini membahas tentang kontribusi yang diberikan wakaf dalam membangun identitas Muslim Singapura ditengah himpitan keragaman etnis dan kepercayaan di Singapura. Mulai dari peran Majlis Ugama Islam Singapura, Strategi pengelolaan asset wakaf, pemanfaatan dan pendistribusian hasil wakaf serta dampaknya bagi Muslim Singapura.

Metodologi penelitian yang digunakan dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data bersifat deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara langsung kepada narasumber terkait, serta pengumpulan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini.

Tulisan ini menunjukan bahwa wakaf telah berperan dalam menciptakan kemandirian dalam eknonomi dan membangun identitas ke-Islaman bagi Muslim Singapura. Selain itu wakaf telah membantu tersedianya lapangan pekerjaan bagi masyarakat Muslim, tersedianya sarana ibadah yang baik, tersedianya dana sosial-keagamaan, dan tersedianya sarana pendidikan, kesehatan serta pelayanan sosial bagi masyarakat Muslim Singapura.

Kata kunci: wakaf, identitas, muslim, Singapura

to Download..click Url :

or click :

PENTING :

Salin/Copy No Handpnone dan anda PASTE di BERITA TRANSFER dari Bank Anda ke Bank Badan Wakaf Indonesia

Jika Dana Wakaf Uang tidak diterima dalam waktu 2 x 24 jam (hari kerja - dibuktikan sinkronisasi data dengan pihak Bank), maka Formulir (AIW) ini dinyatakan BATAL.

HOT LINE : Rajih - WA 0898 5345 231 

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

visitor since May 18, 2019

ABOUT US >

Badan Wakaf Indonesia adalah lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Badan ini dibentuk dalam rangka mengembangkan dan memajukan perwakafan di Indonesia.

Sekretariat: Gedung Bayt Al Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII)Jl. Raya TMII Pintu 1 - Jakarta Timur 13560

visitor since June 1, 2019 (Flag Counter Installed)

CONTACT >

T: +6221-87799232

     +6221-87799311

F: +6221-87799383

E: bwi@bwi.or.id