PERWAKAFAN DI BANGLADESH: SEBUAH KAJIAN KEPUSTAKAAN

Muhammad Zilal Hamzah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia (STIEBI) email: mhd_zilal_hamzah@hotmail.com

Sejak awal Bangladesh menumpukan penerimaan negaranya dari zakat, infak, sedekah dan tentunya wakaf, di samping penerimaan dari pajak yang ditujukan kepada penduduk mereka yang nonmuslim. Sesuai peruntukan dan sifatnya, wakaf telah menjadi sumber utama dalam menunjang pembangunan infrastruktur di Bangladesh. Melalui institusi perwakafannya Bangladesh telah membangun sistem perwakafan untuk berbagai jenis tujuan, seperti kesejahteraan umat, agama, pendidikan, maupun sosial dan budaya. Pendirian masjid, madrasah, kuburan, farmasi, perkebunan, pertanian, kehutanan, pemanfaatan lahan tandus maupun perbukitan adalah bersumber dari wakaf. Pemanfaatan tanah perkotaan, pembangunan real estate perkotaan di kota-kota besar, seperti Dhaka dan Chittagong, juga bersumber dari wakaf. Selain itu, terdapat juga bangunan-bangunan tempat tinggal yang banyak digunakan oleh penerima manfaat (termasuk keturunan wakif) tanpa membayar sewa. Sejalan dengan perkembangannya, dalam beberapa tahun terakhir juga telah muncul tren wakaf uang tunai. Tetapi dengan sistem wakaf yang masih tersentralisasi, saat ini kondisi perwakafan di Bangladesh mengalami penurunan. Untuk itu, melalui kajian kepustakaan, tulisan ini mencoba menelusuri permasalahan dan rekomendasi apa yang muncul dalam sistem perwakafan di negara tersebut.

Kata Kunci: Perwakafan, Bangladesh.

to Download..click Url :

or click :

PENTING :

Salin/Copy No Handpnone dan anda PASTE di BERITA TRANSFER dari Bank Anda ke Bank Badan Wakaf Indonesia

Jika Dana Wakaf Uang tidak diterima dalam waktu 2 x 24 jam (hari kerja - dibuktikan sinkronisasi data dengan pihak Bank), maka Formulir (AIW) ini dinyatakan BATAL.

HOT LINE : Rajih - WA 0898 5345 231 

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

visitor since May 18, 2019

ABOUT US >

Badan Wakaf Indonesia adalah lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Badan ini dibentuk dalam rangka mengembangkan dan memajukan perwakafan di Indonesia.

Sekretariat: Gedung Bayt Al Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII)Jl. Raya TMII Pintu 1 - Jakarta Timur 13560

visitor since June 1, 2019 (Flag Counter Installed)

CONTACT >

T: +6221-87799232

     +6221-87799311

F: +6221-87799383

E: bwi@bwi.or.id