WAKAF DAN PRAKTIK ISTIBDAL TANAH WAKAF DI INDONESIA

H.Abdul Qodir, SH, M.Hum

peraktik Istibdal tanah wakaf di Indonesia masih menimbulkan kontroversi, lemahnya dan awamnya pemahaman masyarakat menjadikan konsep ini masih menjadi sebuah kajian yang harus diverifikasi untuk bisa direalisasikan bagi penyelesaian permasalahan wakaf yang marak terjadi saat ini di Indonesia. Kasus penukaran harta benda wakaf atau perubahan status harta benda wakaf dalam bentuk penukaran atau dalam istilah fiqh disebut “Istibdal” sudah sering terjadi di Indonesia hal ini disebabkan berbagai macam permasalahan atas kepemilikan harta wakaf yang tidak efektif dari segi pengelolaannya.

Tulisan ini mencoba memberikan instrument bagaimana konsep dan praktik istibdal yang telah diaplikasikan di Indonesia, Undang-undang wakaf nomor 41 2004 tentang wakaf tepatnya pasal 40 huruf f menyebutkan bahwa konsep tukar dikecualikan apabila harta benda wakaf yang telah diwakafkan digunakan untuk kepentingan umum berdasarkan ketentuan perundangt-undangan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan syariah

Kata kunci :

Peraktik Istibdal, Tukar Menukar Harta, Prosedur Pergantian Harta Tanah Wakaf, Waktu Istibdal, Birokrasi Istibdal.

to Download..click Url :

or click :

PENTING :

Salin/Copy No Handpnone dan anda PASTE di BERITA TRANSFER dari Bank Anda ke Bank Badan Wakaf Indonesia

Jika Dana Wakaf Uang tidak diterima dalam waktu 2 x 24 jam (hari kerja - dibuktikan sinkronisasi data dengan pihak Bank), maka Formulir (AIW) ini dinyatakan BATAL.

HOT LINE : Rajih - WA 0898 5345 231 

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

visitor since May 18, 2019

ABOUT US >

Badan Wakaf Indonesia adalah lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Badan ini dibentuk dalam rangka mengembangkan dan memajukan perwakafan di Indonesia.

Sekretariat: Gedung Bayt Al Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII)Jl. Raya TMII Pintu 1 - Jakarta Timur 13560

visitor since June 1, 2019 (Flag Counter Installed)

CONTACT >

T: +6221-87799232

     +6221-87799311

F: +6221-87799383

E: bwi@bwi.or.id